Knalpot memerlukan perawatan khusus karena mudah berkarat dan bocor yang dapat menghasilkan suara berisik atau keras. Karat pada knalpot terjadi karena perbedaan suhu antara di dalam dan di luar pipa knalpot. Jika di daerah pantai karena kandungan garam cukup tinggi di udara sekitar, maka kotoran yang menempel akan lumer dan mudah menimbulkan korosi.
Berikut kami berikan Tips Merawat Knalpot Motor :
1. Bersihkan kerak knalpot.Bersihkan kerak sisa pembakaran pada pada leher knalpot, agar tidak mengganggu pelepasan gas buang. Kerak knalpot akan menumpuk jika tidak di bersihkan, apalagi pada motor 2 tak.
2. Periksa kebocoran dari paking knalpot.
Periksa dan ganti apabila paking knalpot rusak. Paking knalpot yang rusak akan mengakibatkan sebagian gas buang keluar lewat paking antara knalpot dan mesin. Sehingga tendangan balik yang dihasilkan knalpot tidak akan maksimal.
3. Periksa kekencangan baut pegangan knlpot.
Pemeriksaan kekencangan baut pegangan knalpot sangat di perlukan, karena apabila baut longgar dapat mengakibatkan patahnya knalpot karena getaran yang di hasilkan mesin.
4. Beri oli bekas secukupnya pada knalpot.
Untuk menanggulangi karat yang biasanya menyerang knalpot 4 tak, para pemilik motor biasanya menuangkan sedikit oli ke dalam knalpot.
5. Periksa lubang pembuangan air pada knalpot.
Sambil memberi oli pada knalpot anda periksa juga lubang pembuangan air pada knalpot, jika tersumbat tusuk pakai lidi atau paku. Apabila lubang pembuangan air pada knalpot tersumbat dapat mengakibatkanterjadinya karat.
6. Olesi oli bekas pada leher knalpot yang berkarat.
Biasanya pada leher knalpot motor underbone (bebek) di serang karat terlebih dahulu. Itu diakibatkan karena percikan air hujan dan kotoran dari roda depan langsung menuju leher knalpot. Untuk mengatasinya olesi oli bekas ke leher knalpot yang karatan dan panaskan mesin selama 15 menit atau lebih efektifnyaoleskan oli bekas pada saat anda meu berkendara. Biarkan apabila keluar asap putih dari oli yang kita oleskan tadi, lama kelamaan karat akan rontok sendiri. Ulangi setiap 3 hari sekali agar karat cepat rontok.
Semoga artikel mengenai Tips Merawat Knalpot Motor ini dapat berguna bagi para pembaca dan gak galau lagi melihat leher knalpotnya kuning. hehehehehe……
share from http://www.motorku.info/tips-merawat-knalpot-motor-di-rumah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar