Jumat, 01 Juni 2012

Kemanakah Setelah Lulus SMK?

Syukur Alhamdulillah untuk anak-anakku SMK Negeri 3 Bondowoso yang 100% Lulus di th 2012 ini, Kemaren kita telah mengetahui hasil kelulusan SMK, setelah kita mengalami peristiwa yang mencekam, yaitu Hari Kelulusan.
Lalu kemanakah kita setelah itu....
Ada beberapa Hal yang Pasti kita lakukan YAITU:

Nganggur : Menganggur setelah lulus SMA/SMK/MA mungkin bukanlah pilihan yang diidamkan tapi kemungkinan karena terpaksa. Yah terpaksa nganggur karena tidak lulus masuk perguruan tinggi, atau biaya masuk perguruan tinggi belum cukup, atau memberikan kesempatan kepada adik-adik yang masih membutuhkan biaya sekolah, atau mempunyai alasan lainnya. Yang jelas pilihan menganggur kayaknya bukan idaman setiap siswa tapi karena terpaksa.

Nikah : Kayaknya enak ya setelah lulus SMA/SMK/MA langsung nikah. Tapi sebetulnya pilihan ini juga bukan idaman dari para siswa setelah lulus SMA/SMK/MA. Pilihan nikah setelah lulus SMA/SMK/MA juga kemungkinan karena terpaksa dengan alasan yang mirip alasan nganggur diatas, daripada nganggur mendingan kawin eh nikah. Dibeberapa daerah di Indonesia khususnya di kampung-kampung masih ada kebiasaan khususnya para gadis, setelah lulus SMA/SMK/MA langsung nikah atau nunggu nikah.

Kerja : Jika setelah lulus SMA/SMK/MA memilih untuk kerja, maka pilihlah jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan anda. Untuk lowongan pekerjaan lulusan SMA/SMK/MA memang lingkupnya sangat terbatas, itupun masih dibutuhkan ketrampilan tambahan seperti harus menguasai computer. Jenis pekerjaan bagi lulusan SMA ini memang tidak bisa pilih-pilih, dengan semakin majunya perkembangan zaman maka specifikasi yang dibutuhkan dalam jenis pekerjaan juga semakin tinggi. Sebagai contoh untuk pekerjaan Office Boy atau Cleaning Service saat ini yang dibutuhkan ijazah SMA.

Kuliah : Jika niatnya setelah lulus SMA/SMK/MA mau melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi, maka beberapa pertahankan niat anda itu. Memang yang utama adalah niat, jika niat sudah kuat maka banyak jalan ke Roma. Setelah niat ke Perguruan Tinggi kuat, maka agar niat anda tercapai dengan baik maka pilihlah Perguruan Tinggi Idaman.

Jika tujuan Anda adalah melanjutkan Kuliah setelah Lulus SMA/SMK/MA, maka yang perlu diperhatikan dlam memilih Perguruan Tinggi adalah pilihlah Perguruan tinggi Idaman.
Tapi menurut kami seharusnya anak SMA/SMK/MA yang telah LULUS melanjutkan studi keperguruan tinggi...
Belum punya biaya..tenang kamu bisa kerja sambil kuliah atau kerja dulu juga gak apa-apa
tapi satu hal yang bisa anda lakuakan yaitu mencari beasiswa
Kalian mau yang mana ...pilih yang paling menguntungkan atau merugikan buat kamu, walaupun kalian tidak menjadi pasukan putih abu abu lagi tapi, kalian adalah penerus bangsa ini. 
Jadi AYO...kita berjuang membangun Indonesia menjadi labih baik 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar