Rabu, 23 Mei 2012

Sejarah Berdirinya SMKN 3 Bondowoso


SMK Negeri 3 Bondowoso sebagai lembaga pendidikan yang dapat diakui sebagai pengembang generasi yang profesional dan berbasis skill dan kompetensi serta dapat bersaing dalam Pasar Kerja Global. Dari sisi kelembagaan secara periodisasi, SMK Negeri 3 didirikan di Bondowoso oleh Bupati Bondowoso dengan nomor SK Pendirian : 617 tahun 2003 pada tanggal SK : 06 Oktober 2003. 


Saat ini SMK Negeri 3 memiliki 5 Kompetensi Keahlian yaitu Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Furnitur yang didirikan tahun 2003, dan Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri pada tahun 2005, Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan dan Teknik Sepeda Motor yang berdiri pada tahun 2008.
SMK Negeri 3 Bondowoso memiliki 31 rombongan belajar yang terbagi menjadi 11 rombongan belajar untuk tingkat X, 10 rombongan belajar untuk tingkat XI dan 7 rombongan belajar untuk tingkat XII.
     Pada tahun 2006 SMK Negeri 3 dipercaya oleh Dikmenjur Jakarta melalui P4TK (VEDC) Malang sebagai pusat pelatihan guru-guru untuk Karisidenan Besuki yang kemudian disebut sebagai ”Work Station Bondowoso”. Pada tahun yang sama, SMK Negeri 3 juga mendapat kepercayaan dari PT Telkom Indonesia cabang Bondowoso untuk mendapatkan koneksi internet gratis (wave line dan speedy). Tahun 2005 sampai dengan tahun 2012 SMK Negeri 3 bekerja sama dengan Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Bondowoso sebagai instruktur atau tenaga ahli dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat Bondowoso.  Tahun 2010 SMK Negeri 3 khususnya Program Studi Teknik Otomotif mendapat bantuan 5 mesin sepeda motor dari Yamaha Motor.  SMK Negeri 3 Bondowoso juga bekerjasama dengan PT.PAMA dan UT dalam perekrutan tenaga kerja, dimana siswa-siswa terbaik kami direkrut sebagai tenaga mekanik dan operator di perusahaan pertambangan di Kalimantan.

1 komentar: