Selasa, 29 Mei 2012

Tips Merawat Knalpot Motor di Rumah

Cara Merawat Knalpot Motor Tips Merawat Knalpot Motor di Rumah
Cara Merawat Knalpot Motor
Knalpot motor adalah salah satu komponen penting dari motor yang berfungsi sebagai penyalur gas buang yang dihasilkan dari sisa pembakaran pada mesin. Selain itu knalpot juga dapat menunjang penampilan motor anda, tak heran jika banyak orang yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk membeli knalpot.
Knalpot memerlukan perawatan khusus karena mudah berkarat dan bocor yang dapat menghasilkan suara berisik atau keras. Karat pada knalpot terjadi karena perbedaan suhu antara di dalam dan di luar pipa knalpot. Jika di daerah pantai karena kandungan garam cukup tinggi di udara sekitar, maka kotoran yang menempel akan lumer dan mudah menimbulkan korosi.
Tips Merawat Knalpot Motor Tips Merawat Knalpot Motor di Rumah

Berikut kami berikan Tips Merawat Knalpot Motor :

1. Bersihkan kerak knalpot.
Tips bersihkan kerak dan Merawat Knalpot Motor Tips Merawat Knalpot Motor di Rumah
Bersihkan kerak sisa pembakaran pada pada leher knalpot, agar tidak mengganggu pelepasan gas buang. Kerak knalpot akan menumpuk jika tidak di bersihkan, apalagi pada motor 2 tak.
2. Periksa kebocoran dari paking knalpot.
Periksa dan ganti apabila paking knalpot rusak. Paking knalpot yang rusak akan mengakibatkan sebagian gas buang keluar lewat paking antara knalpot dan mesin. Sehingga tendangan balik yang dihasilkan knalpot tidak akan maksimal.
3. Periksa kekencangan baut pegangan knlpot.
Pemeriksaan kekencangan baut pegangan knalpot sangat di perlukan, karena apabila baut longgar dapat mengakibatkan patahnya knalpot karena getaran yang di hasilkan mesin.
4. Beri oli bekas secukupnya pada knalpot.
Tips Merawat Knalpot Motor dengan Oli Tips Merawat Knalpot Motor di Rumah
Untuk menanggulangi karat yang biasanya menyerang knalpot 4 tak, para pemilik motor biasanya menuangkan sedikit oli ke dalam knalpot.
5. Periksa lubang pembuangan air pada knalpot.
Sambil memberi oli pada knalpot anda periksa juga lubang pembuangan air pada knalpot, jika tersumbat tusuk pakai lidi atau paku. Apabila lubang pembuangan air pada knalpot tersumbat dapat mengakibatkanterjadinya karat.
6. Olesi oli bekas pada leher knalpot yang berkarat.
Tips Merawat Knalpot Motor oles oli Tips Merawat Knalpot Motor di Rumah
Biasanya pada leher knalpot motor underbone (bebek) di serang karat terlebih dahulu. Itu diakibatkan karena percikan air hujan dan kotoran dari roda depan langsung menuju leher knalpot. Untuk mengatasinya olesi oli bekas ke leher knalpot yang karatan dan panaskan mesin selama 15 menit atau lebih efektifnyaoleskan oli bekas pada saat anda meu berkendara. Biarkan apabila keluar asap putih dari oli yang kita oleskan tadi, lama kelamaan karat akan rontok sendiri. Ulangi setiap 3 hari sekali agar karat cepat rontok.
Semoga artikel mengenai Tips Merawat Knalpot Motor ini dapat berguna bagi para pembaca dan gak galau lagi melihat leher knalpotnya kuning. hehehehehe……

share from http://www.motorku.info/tips-merawat-knalpot-motor-di-rumah

Cara Merawat Busi Motor Agar Mesin Tidak Mudah Mati


Cara Merawat Busi Motor Cara Merawat Busi Motor Agar Mesin Tidak Mudah Mati
Pada artikel kali ini kami ingin berbagi cara merawat busi motor agar tahan lama dan tidak merepotkan anda ketika sedang melakukan perjalanan. Busi memiliki peranan yang penting dari sebuah mesin motor. Busi berfungsi untuk menghasilkan energy percikan api yang kemudian membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam silinder.
Busi memang mempunyai bentuk yang kecil sehingga terkadang sering dilupakan dari perhatian pemilik motor. Padahal komponen ini juga membutuhkan perhatian dan perawatan rutin, sebab jika busi motor rusak, bisa berakibat motor kesayangan anda akan mogok atau tidak bisa hidup secara normal. Simak cara merawat busi dibawah ini.

Cara Merawat Busi Motor :

  1. Jika Anda memiliki motor keluaran terbaru, sebaiknya periksa kondisi busi ketika speedometer menunjukkan angka 1.000 km dan setiap 3.000 km setelah itu. Ganti busi setiap 6.000 km.
  2. Periksa kondisi businya. Jika busi kering dan berkerak abu-abu, itu tandanya pembakaran mesin motor anda masih berjalan baik. Namun, jika busi terlihat basah danvkeraknya berwarna hitam, artinya pembakaran di dalam motor kurang sempurna.
  3. Bila busi tidak pernah dibersihkan, maka elektroda yang ada di dalamnya aus sedikit demi sedikit dan akan terjadi endapan di sekitar busi yang bisa mengakibatkan gangguan pada system pembakaran. Pada umumnya celah elektroda berjarak 0.8 milimetersampai 1.2 milimeter.
  4. Bila elektroda pada busi bagian tengah benar-benar habis, maka sebaiknya diganti dan harus melakukan penyetelan ulang celah antara busi menggunakan alat ukur ketebalan
  5. Ganti busi motor Anda sesuai dengan spesifikasi mesin.
  6. Bila mesin motor Anda mulai susah untuk dihidupkan, kemungkinan penyebabnya adalah busi yang perlu dibersihkan.
Semoga informasi mengenai cara merawat busi motor diatas dapat berguna bagi anda.

share from  http://www.motorku.info/cara-merawat-busi-motor-agar-mesin-tidak-mudah-mati

Karakteristik Generasi Z dan Bagaimana Dunia Pendidikan Menyikapinya

Written by Prof. Dr. Patrisius Istiarto Djiwandono     

Kiprah pendidikan senantiasa hidup dalam suatu dunia yang terus berubah seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan perubahan demografi. Jika dunia pendidikan tidak menyelaraskan diri dengan perkembangan jaman tersebut, pendidikan akan menjadi usang dan tidak selaras dengan kemajuan di milenium kedua ini. Generasi muda saat ini, yang disebut juga Generasi Z atau Net Generation, mempunyai karakteristik yang membuat mereka berbeda dengan generasi terdahulu. Jika dunia pendidikan tidak membuat upaya untuk memetakan profil khas pemelajar ini dan merancang pola pembelajaran yang sesuai, akan terbentuk kesenjangan antara keduanya.
Pemelajar di jaman informasi ini mempunyai kecenderungan gaya belajar aktif, sequential, sensing, dan visual (Felder dan Soloman, 1993).  Pemelajar aktif  mudah belajar dengan  melakukan sendiri apa yang sedang dipelajari.  Maka, mata kuliah yang terlalu banyak bersifat ceramah dan komunikasi satu arah serta terpusat kepada dosen (teacher-centered) tidak akan cocok dengan mereka. Sebaliknya, pembelajaran yang membuat mereka menerapkan teori dan melakukan sendiri apa yang  sedang dipelajari akan dengan mudah menarik minat dan pada gilirannya kemampuan belajar mereka.  Mereka yang bergaya belajar sequential  mudah menyerap materi yang diberikan secara runtut, berurutan secara logis, dan dengan jelas terkait antara satu dengan lainnya. Mereka dengan gaya belajar sensing cenderung menyukai fakta, menyukai hal-hal yang penerapan praktisnya jelas, mengharapkan relevansi dengan dunia sehari-hari, dan kurang suka teori abstrak dan tes yang materinya belum dibahas tuntas di kelas. Akhirnya, mereka dengan gaya belajar visual akan terbantu dengan bagan, skema, dan diagram alir dari rangkaian teori yang sedang mereka kupas. Keempat gaya belajar ini selaras dengan kecenderungan generasi Z yang kehidupannya sarat dengan interaksi lewat berbagai media virtual seperti ponsel, Blackberry, dan Internet. Kesimpulannya, sudah saatnya praktek pendidikan mengakomodasi kecenderungan ini melalui kombinasi yang efektif antara pembelajaran teori dengan eksplorasi dunia maya melalui berbagai piranti teknologi informasi tersebut.
Di bidang pembelajaran bahasa, misalnya, temuan termutakhir di ranah pembelajaran kosa kata membuka cara-cara baru untuk memaksimalkan dampak pembelajaran. Penerapan Output Hypothesis yang semula dirancang untuk mengasah kemampuan berbicara dan menulis telah meluas dengan dampak yang cukup positif pada pembelajaran kosa kata. Pada prinsipnya, semakin sering seorang pemelajar diminta untuk memakai kosa kata yang sedang dipelajarinya dalam ucapan maupun tulisannya, semakin baik kosa kata itu tertanam dalam benaknya. Dengan memaksimalkan sumber daya yang tersedia berlimpah di Internet, seorang guru bahasa bisa dengan mudah menciptakan lingkungan belajar yang memacu pertumbuhan kosa kata para muridnya. Situs pemilah jenis kata (word profiler) dengan cepat bisa membantu mereka mengenali kosa kata apa yang harus dipelajari secara sadar dengan penuh perhatian (intentional learning), dan mana yang bisa diserahkan pada mekanisme belajar secara otomatis (incidental learning). Lalu, situs yang menyediakan piranti concordance memampukan mereka untuk melihat bagaimana kata-kata dan ungkapan tadi dipakai secara alamiah dalam wacana tulis dan lisan sehari-hari. Stevens (1993) menegaskan bahwa situs concordancer ini menyusun data bahasa sedemikian rupa sehingga pemelajar bisa dengan cepat menemukan pola-pola wacana alamiah dan dengan demikian membuat proses penguasaannya menjadi lebih singkat. Kamus online bisa dengan cepat membantu mereka menemukan arti beberapa kata penting yang masih baru dikenal. Beberapa kamus online terkenal seperti Cambridge Online Dictionary bahkan menyediakan peta semantik yang merangkaikan kata-kata ini dengan kata-kata sinonim dan lawan katanya dalam suatu bentuk diagram atau jejaring. Situs terkenal Youtube atau Metacafe menyediakan berbagai tampilan video dimana bahasa dan kosa kata tersebut digunakan dalam interaksi alamiah sehari-hari. Maka, nampak bahwa penggunaan media Internet  dalam pembelajaran selaras dengan keempat gaya belajar yang telah diulas di atas tadi.
Pada saat yang sama, dunia pendidikan terus berinovasi dan tak segan mengulas kembali prinsip-prinsip yang telah diajukan di masa lalu namun masih relevan sampai sekarang. Pendekatan berpikir kritis (Critical Thinking) sedang banyak diaplikasikan dan dikaji keefektifannya untuk kegiatan belajar di semua disiplin ilmu. Dengan tujuan utama membentuk pemelajar yang mampu belajar mandiri dengan bertumpu pada alur pemikiran yang logis dan sistematis, pendekatan ini  sangat relevan dengan jaman di mana sumber belajar berlimpah dari Internet dan pemelajar terpapar pada sekian banyak sumber informasi. Dihadapkan pada situasi berkelimpahan seperti ini, tak pelak seorang pemelajar harus secara mantap menentukan tujuannya dan dengan kritis menentukan sumber-sumber apa yang mereka bisa pakai untuk mencapai tujuan tersebut. Bukan hanya itu, namun ketika sudah mencapai tujuan, mereka juga harus mampu mengevaluasi sejauh mana dan bagaimana tujuan itu dicapai. Pada intinya, pendekatan berpikir kritis sebaiknya mulai ditanamkan dan dipacu untuk generasi terdidik dari semua bidang ilmu. Pada saat yang sama, dunia pendidikan sebaiknya tidak segan berbenah diri untuk senantiasa peka terhadap kecenderungan gaya belajar generasi muda dan membuat perubahan yang signifikan.

Prof. Dr. Patrisius Istiarto Djiwandono
Dosen dan Kepala Language Training Center
Prodi Sastra Inggris, Universitas Ma Chung, Malang
Daftar Acuan
Felder, R.M., and Soloman, B.A. (1993). Learning styles and strategies. Diunduh 9 Januari 2010 dari http://www4.ncsu.edu/unity/lockers/users/f/felder/public/ILSdir/styles.htm
Stevens, V. (1993). Concordances as enhancements to language competence. TESOL Matters 2, hal 6:11.

Pelaksanaan Pemeriksaan Keamanan/Kelayakan Kendaraan

BAB I
PENDAHULUAN

A. DESKRIPSI


Modul Pelaksanaan pemeriksaan keamanan/ kelayakan kendaraan ini membahas persyaratan desain yang berhubungan dengan keamanan kendaraan, persyaratan minimum untuk cara kerja sistem, prosedur pemeriksaan kendaraan/ komponen, petunjuk teknis cara menguji kendaraan bermotor, persyaratan pelaporan hasil pemeriksaan dan daftar pemeriksaan. Bahan ajar dalam modul ini disajikan dalam 5 kegiatan belajar.
  • Kegiatan belajar 1 : membahas tentang persyaratan desain yang berhubungan dengan keamanan kendaraan. 
  •  Kegiatan belajar 2 : membahas tentang persyaratan minimum untuk cara kerja sistem. 
  • Kegiatan belajar 3 : membahas tentang prosedur pemeriksaan kendaraan/ komponen. 
  • Kegiatan belajar 4 : membahas tentang petunjuk teknis cara menguji kendaraan bermotor 
  • Kegiatan belajar 5 : membahas tentang persyaratan pelaporan hasil pemeriksaan dan daftar pemeriksaan. Manfaat dari kemampuan melaksanakan pemeriksaan keamanan/ kelayakan kendaraan ini dapat digunakan untuk jasa pelayanan pemeliharaan/ servis dan perbaikan bidang perbengkelan kendaraan bermotor, agar kendaraan tetap dalam kondisi yang sesuai dengan spesifikasi pabrik pembuat maupun peraturan pemerintah tentang kendaraan bermotor yang berlaku.
 
B. PRASYARAT

Untuk dapat mempelajari modul pelaksanaan pemeriksaan keamanan/ kelayakan kendaraan dengan lancar, siswa harus sudah menguasai kompetensi yang dilatihkan pada modul dengan kode: OPKR 10-016C : Mengikuti Prosedur Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan OPKR 10-017C : Penggunaan dan Pemeliharaan Peralatan dan Perlengkapan Tempat Kerja OPKR 10-010C : Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur.


C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL

1. Petunjuk Bagi Siswa

Guna memperoleh hasil belajar yang maksimal dengan menggunakan modul ini, maka perlu ditempuh langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Bacalah dan pahami dengan sekasama uraian-uraian bahan ajar yang ada masing-masing kegiatan belajar. Bila ada bahan ajar yang sulit dipahami, siswa dapat bertanya pada guru yang membimbing kegiatan belajar ini.
  2. Kerjakan setiap tugas dan tes formatif untuk mengetahui seberapa besar pemahaman yang telah dimiliki terhadap bahan ajar yang dibahas dalam setiap kegiatan belajar.
  3. Jika belum menguasai bahan ajar pada tingkat yang diharapkan, pelajari sekali lagi bahan ajar pada kegiatan belajar tersebut atau bertanyalah kepada guru yang membimbing kegiatan belajar ini.

2. Petunjuk Bagi Guru

Dalam setiap kegiatan belajar guru atau instruktur berperan untuk :
  1. Membantu siswa dalam merencanakan proses belajar.
  2. Membimbing siswa melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar.
  3. Membantu siswa dalam memahami konsep dan praktik baru dan menjawab pertanyaan siswa mengenai proses belajar siswa.
  4. Membantu siswa untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar.
  5. Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok bila diperlukan
  6. Merencanakan seorang ahli/ pendamping guru dari tempat kerja untuk membantu bila diperlukan.
  7. Merencanakan proses penilaian dan menyiapkan perangkatnya.
  8. Menyiapkan kunci jawaban tes formatif dan soal evaluasi.Melaksanakan penilaian.
  9. Menjelaskan kepada siswa tentang sikap pengetahuan dan keterampilan dari suatu kompetensi yang perlu untuk dibenahi dan merundingkan rencana pembelajaran selanjutnya.
  10. Mencatat pencapaian kemajuan siswa.

D. TUJUAN AKHIR

Setelah mempelajari materi pembelajaran secara keseluruhan pada modul ini, siswa diharapkan dapat memahami cara melaksanakan pemeriksaan keamanan/ kelayakan kendaraan secara benar.


Untuk lebih lengkap modulnya silakan klik dibawah ini!!!
Download disini!

Melaksanakan Pekerjaan Dasar Kelistrikan

BAB I
PENDAHULUAN

A. DESKRIPSI


Modul Melaksanakan pekerjaan dasar kelistrikan dengan kode ABMR 011.016 -1A berisi materi dan informasi tentang dasar listrik, arus, tegangan, tahanan, hukum Ohm, daya listrik. Pada modul ini juga mengungkap tentang rangkaian kelistrikan yaitu rangkaian seri, parelel dan kombinasi, serta masalah magnet dan induksi. Materai diuraikan dengan pendekatan praktis disertai ilustrasi yang cukup agar siswa mudah memahami bahasan yang disampaikan.

Modul ini disusun dalam 7 kegiatan belajar. Kegiatan belajar
  1. Mengukur tegangan, arus dan tahanan, kegiatan belajar 
  2. Merangkai hubungan seri, parallel dan kombinasi, kegiatan belajar
  3. Mendemontrasikan penggunaan magnet, Kegiatan belajar 
  4. Mendemontrasikan timbulnya induksi sendiri/ mutual induction, kegiatan belajar 
  5. Menggunakan Electric Wire, kegiatan belajar  
  6. Menggunakan electrical wire conector dan kegiatan belajar 
  7. Multimeter.

Setiap kegiatan belajar berisi tujuan, materi, dan diakhir materi disampaikan rangkuman yang memuat intisari materai, dilanjutkan test formatif. Setiap siswa harus mengerjakan test tersebut sebagai indicator penguasaan materi, jawaban test kemudian diklarifikasi dengan kunci jawaban. Guna melatih keterampilan dan sikap kerja yang benar setiap siswa dapat berlatih dengan pedoman lembar kerja yang ada.

Diakhir modul terdapat evaluasi sebagai uji kompetensi siswa. Uji kompetensi dilakukan secara teroritis dan praktik. Uji teoritis dengan siswa menjawab pertanyaan yang pada soal evaluasi, sedangkan uji praktik dengan meminta siswa mendemontrasikan kompetensi yang harus dimiliki dan guru/instruktur menilai berdasarkan lembar observasi yang ada. Melalui evaluasi tersebut dapat diketahui


B. PRASYARAT


Modul ini merupakan kompetensi dasar dalam bidang kelistrikan sehingga tidak menuntut prasyarat untuk mempelajarinya.


C. PETUNJUK PENGGUNAAN

1. Petunjuk Bagi Siswa
  1. Lakukan cek kemampuan untuk mengetahui kemampuan awal yang anda kuasai, sebelum membaca modul lebih lengkap.
  2. Bacalah modul secara seksama pada setiap kegiatan belajar, bila ada uraian yang kurang jelas silakan bertanya pada guru/ instruktur.
  3. Kerjakan setiap test formatif pada setiap kegiatan belajar, untuk mengetahui seberapa besar pemahaman saudara terhadap materi yang disampaikan, klarifikasi hasil jawaban saudara pada kumpulan lembar jawaban yang ada.
  4. Lakukan latihan setiap sub kompetensi sesuai dengan lembar kerja yang ada.
  5. Perhatikan petujuk keselamatan kerja dan pertolongan pertama bila terjadi kecelakaan kerja yang termuat pada lembar kerja.
  6. Lakukan latihan dengan cermat, teliti dan hati-hati. Jangan melakukan pekerjaan yang belum anda pahami dengan benar.
  7. Bila saudara merasa siap mintalah guru/intruktur untuk menguji kompetensi saudara.

2. Petunjuk Bagi Guru/Istruktur

Guru/ intruktur bertindak sebagai fasilitator, motivator, organisator dan evaluator. Jadi guru/intruktur berperan:
  1. Fasititator yaitu menyediakan fasilitas berupa informasi, bahan, alat, training obyek dan media yang cukup bagi siswa sehingga kompetensi siswa cepat tercapai.
  2. Motivator yaitu memotivasi siswa untuk belajar dengan giat, dan mencapai kompetensi dengan sempurna
  3. Organisator yaitu bersama siswa menyusun kegiatan belajar dalam mempelajari modul, berlatih keterampilan, memanfaatkan fasilitas dan sumber lain untuk mendukung terpenuhinya kompetensi siswa.
  4. Evaluator yaitu mengevaluasi kegiatan dan perkembangan kompetensi yang dicapai siswa, sehingga dapat menentukan kegiatan selanjutnya.

D. TUJUAN AKHIR

Tujuan akhir dari modul ini adalah siswa mempunyai kompetensi:
  1. Merangkai hubungan seri, parallel dan gabungan .
  2. Mendemonstrasikan penggunaan magnet
  3. Mengukur tegangan, tahanan dan arus
  4. Mendemonstrasikan timbulnya induksi sendiri dan mutual pada kemagnitan
  5. Menggunakan electric wire
  6. Menggunakan electric wire connector
  7. Menggunakan multimeter

Untuk lebih lengkap modulnya silakan klik dibawah ini!!!
Download disini!

Melaksanakan Pekerjaan Dasar Engine


BAB I
PENDAHULUAN

A. DESKRIPSI


Modul Melaksanakan Pekerjaan Dasar Engine ini membahas tentang beberapa hal penting yang perlu diketahui agar dapat melakukan Melaksanakan Pekerjaan Dasar Engine secara efektif, efisien dan aman. Cakupan materi yang akan dipelajari dalam modul ini meliputi :
  •  Pemahaman prinsip dan cara kerja motor bensin 2 tak maupun 4 tak,
  • Pemahaman prinsip kerja dari motor diesel 4 tak, 
  • Pemahaman prinsip kerja system pendinginan,  
  • Pemahaman prinsip kerja system pelumasan, 
  • Pemahaman prinsip kerja system bahan bakar,
  • Pemahaman proses perhitungan daya motor, 
  • Pemahaman konstruksi dan fungsi bagian utama Engine, 
Modul ini terdiri atas satu kegiatan belajar yang membahas tentang prinsip dan cara kerja motor bensin 2 tak maupun 4 tak, prinsip kerja dari motor diesel 4 tak, prinsip kerja sistem pendinginan, prinsip kerja sistem pelumasan, prinsip kerja system bahan bakar, memahami proses perhitungan daya motor, memahami konstruksi dan fungsi bagian utama Engine, prosedur membongkar dan memasang bagian-bagian utama Engine dan cara pembersihan Engine dengan Glass Bead. Setelah mempelajari modul ini siswa diharapkan dapat memahami cara Melaksanakan Pekerjaan Dasar Engine. Bagi siswa yang telah mampu menguasai modul ini dapat melanjutkan modul berikutnya (lihat pada peta kedudukan modul).

B. PRASYARAT

Modul ini merupakan modul bertingkat yang memerlukan pemahaman dan penguasaan, sebelum memulai modul ini diwajibkan untuk menempuh modul ABMR 011.04.A dan modul- modul sebelumnya bagi peserta diklat pada Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif.

C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL

1. Petunjuk Bagi Peserta Diklat


Untuk memperoleh hasil belajar secara maksimal, dalam menggunakan modul ini maka langkah-langkah yang perlu dilaksanakan antara lain :
  • Baca dan pahami dengan seksama uraian-uraian materi yang ada pada masing-masing kegiatan belajar. Bila ada materi yang kurang jelas, peserta diklat dapat bertanya pada guru atau instruktur yang mengampu kegiatan belajar.
  • Kerjakan setiap tugas formatif (soal latihan) untuk mengetahui seberapa besar pemahaman yang telah dimiliki terhadap materimateri yang dibahas dalam setiap kegiatan belajar.
  • Untuk kegiatan belajar yang terdiri dari teori dan praktek, perhatikanlah hal-hal berikut ini :
  1. Perhatikan petunjuk-petunjuk keselamatan kerja yang berlaku.
  2. Pahami setiap langkah kerja (prosedur praktikum) dengan bai
  3. Sebelum melaksanakan praktikum, identifikasi (tentukan) peralatan dan bahan yang diperlukan dengan cerma
  4. Gunakan alat sesuai prosedur pemakaian yang benar.
  5. Untuk melakukan kegiatan praktikum yang belum jelas, harus meminta ijin guru atau instruktur terlebih dahulu.
  6. Setelah selesai, kembalikan alat dan bahan ke tempat semula.
 
  • Jika belum menguasai tingkat materi yang diharapkan, ulangi lagi pada kegiatan belajar sebelumnya atau bertanyalah kepada guru atau instruktur yang mengampu kegiatan pemelajaran yang bersangkutan.

2. Petunjuk Bagi Guru


Dalam setiap kegiatan belajar guru atau instruktur berperan untuk :
  1.  Membantu peserta diklat dalam merencanakan proses belajar.
  2. Membimbing peserta diklat melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar.
  3. Membantu peserta diklat dalam memahami konsep, praktek baru, dan menjawab pertanyaan peserta diklat mengenai proses belajar peserta diklat.
  4. Membantu peserta diklat untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar.
  5. Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan.
  6. Merencanakan seorang ahli / pendamping guru dari tempat kerja untuk membantu jika diperlukan.

D. TUJUAN AKHIR

Setelah mempelajari secara keseluruhan materi kegiatan belajar dalam modul ini peserta diklat diharapkan mampu :
  1. Menjelaskan prinsip dan cara kerja motor bensin 2 tak maupun 4 tak,
  2. Menjelaskan prinsip kerja dari motor diesel 4 tak,
  3. Menjelaskan prinsip kerja sistem pendinginan,
  4. Menjelaskan prinsip kerja sistem pelumasan,
  5. Menjelaskan prinsip kerja sistem bahan bakar,
  6. Menjelaskan proses perhitungan daya motor,
  7. Menjelaskan konstruksi dan fungsi bagian utama Engine,
  8. Menjelaskan prosedur membongkar dan memasang bagian-bagian utama Engine,
  9. Menjelaskan cara pembersihan Engine dengan Glass Bead.

E. KOMPETENSI

Modul AMBR 011.19-1.A membentuk sub kompetensi mengidentifikasi komponen engine. Uraian sub kompetensi ini dijabarkan seperti pada halaman berikutnya.


Untuk lebih lengkap modulnya silakan klik dibawah ini!!!
Download disini!

Merawat Baterai

BAB I
PENDAHULUAN
 
A. DESKRIPSI

Modul Merawat Baterai dengan kode ABMR 011.018-1.A berisi materi dan informasi tentang prosedur pelepasan dan pemasangan baterai, mengaktifkan baterai, memeriksa dan mengisi baterai, metode melakukan jumper baterai. Selain itu diuraikan informasi tentang keselamatan kerja dan pertolongan pertama bila terjadi kecelakaan terkait penangan baterai. Materai diuraikan dengan pendekatan praktis disertai ilustrasi yang cukup agar siswa mudah memahami bahasan yang disampaikan.

Modul ini disusun dalam 5 kegiatan belajar, setiap kegiatan belajar berisi materi, dan diakhir materi disampaikan rangkuman yang memuat intisari materai, dilanjutkan test formatif. Setiap siswa harus mengerjakan test tersebut sebagai indikator penguasaan materi, jawaban test kemudian diklarifikasi dengan kunci jawaban. Guna melatih keterampilan dan sikap kerja yang benar setiap siswa dapat berlatih dengan pedoman lembar kerja yang ada.

Diakhir modul terdapat evaluasi sebagai uji kompetensi siswa. Uji kompetensi dilakukan secara teroritis dan praktek. Uji teoritis dengan siswa menjawab pertanyaan yang pada soal evaluasi, sedangkan uji praktek dengan meminta siswa mendemontrasikan kompetensi yang harus dimiliki dan guru/instruktur menilai berdasarkan lembar observasi yang ada. Melalui evaluasi tersebut dapat diketahui apakah siswa mempunyai kompetensi pengujian, pemeliharaan dan penggantian baterai dengan sub kompetensi:
  1. Melepas dan memasang baterai.
  2. Mengaktifkan baterai.
  3. Memeriksa dan mengisi baterai.
  4. Menguji baterai.
  5. Menjumper baterai.
Siswa melanjutkan ke modul berikutnya bila memenuhi kriteria kelulusan.

B. PRASYARAT

Untuk mempelajari modul ini, pesert diklat harus sudah menempuh modul ABMR 011.16.1A. modul ini juga menjadi prasyarat untuk mempelajari modul- modul berikutnya, sesuai dengan diagram pencapaian kompetensi dan peta kedudukan modul.

C. PETUNJUK PENGGUNAAN


1. Petunjuk Bagi Siswa
  1. Lakukan cek kemampuan untuk mengetahui kemampuan awal yang anda kuasai, sebelum membaca modul lebih lengkap.
  2. Bacalah modul secara seksama pada setiap kegiatan belajar, bila ada uraian yang kurang jelas silakan bertanya pada guru/ instruktur.
  3. Kerjakan setiap test formatif pada setiap kegiatan belajar, untuk mengetahui seberapa besar pemahaman saudara terhadap materi yang disampaikan, klarifikasi hasil jawaban saudara pada kumpulan lembar jawaban yang ada.
  4. Lakukan latihan setiap sub kompetensi sesuai dengan lembar kerja.
  5. Perhatikan petujuk keselamatan kerja dan pertolongan pertama bila terjadi kecelakaan kerja yang termuat pada lembar kerja.
  6. Lakukan latihan dengan cermat, teliti dan hati-hati. Jangan melakukan pekerjaan yang belum anda pahami dengan benar.
  7. Bila saudara siap mintalah guru untuk menguji kompetensi saudara.

2. Petunjuk Bagi Guru/Instruktur

Guru/ instruktur bertindak sebagai fasilitator, motivator, organisator dan evaluator. Jadi guru/ instruktur berperan:
  1. Fasilitator yaitu menyediakan fasilitas berupa informasi, bahan, alat, training obyek dan media yang cukup bagi siswa sehingga kompetensi siswa cepat tercapai.
  2. Motivator yaitu memotivasi siswa untuk belajar dengan giat, dan mencapai kompetensi dengan sempurna.
  3. Organisator yaitu bersama siswa menyusun kegiatan belajar dalam mempelajari modul, berlatih keterampilan, memanfaatkan fasilitas dan sumber lain untuk mendukung terpenuhinya kompetensi siswa.
  4. Evaluator yaitu mengevaluasi kegiatan dan perkembangan kompetensi yang dicapai siswa, sehingga dapat menentukan kegiatan selanjutnya.
 
 D. TUJUAN AKHIR

Tujuan akhir dari modul ini adalah siswa mempunyai kompetensi:
  1. Melepas dan memasang baterai dengan prosedur yang benar.
  2. Mengaktifkan baterai dengan prosedur yang benar.
  3. Memeriksa dan mengisi baterai dengan metode yang benar.
  4. Menguji baterai dengan prosedur yang benar.
  5. Melaksanakan jumper baterai dengan prosedur yang benar.

Untuk lebih lengkap modulnya silakan klik dibawah ini!!!
Download disini!

Honda Scoopy Beraliran Chooper Terinspirasi Dari Film Ghost Rider

Sebagai wujud kasih sayang terhadap anak sekaligus menyalurkan hobi dalam hal modifikasi, Biink pun merombak Honda Scoopy lansiran 2011 miliknya. Tidak tanggung-tanggung gaya modifikasi yang diusung bisa dibilang ekstrim. Bagaimana tidak, wujud asli skutik retro tersebut hilang sama sekali. Tampang barunya kini berwujud layaknya motor gede alias moge beraliran chooper. “Gaya ini terinspirasi dari film Ghost Rider,” beber Davin, anak dari Biink.
Honda Scoopy Beraliran Chooper Terinspirasi Dari Film Ghost Rider
Bagian yang masih dipertahankan pada skutik ini hanyalah bagian dapur pacu. “Selebihnya kastem,” tukas Biink yang mengaku menggarap motor ini dalam waktu 1,5 bulan. Biink mulai membangun motor ini dari dasar. Rangka turbular menjadi pilihan dalam membuat pondasi Scoopy Chooper. Setang dan segitiga pun dibuatnya sendiri oleh punggawa Davin Motor yang bermarkas di Tangerang. Begitu juga pada pijakan kaki. Untuk menguatkan kesan moge, filter udara menggunakan milik Harley-Davidson.
Mengadopsi tangki model kacang (peanut) semakin menguatkan kesan sebagai chooper sejati. Dengan balutan cat ungu yang menjadi warna favorit sang anak pada penampung bahan bakar serta spakbor belakang dan ditambah grafis batik menjadikan tampilan Scoopy Chooper terlihat manis. Jok model single seater yang terbuat dari pelat ini diakui menjadi bagian yang tersulit dalam pengerjaannya. Pasalnya harus mendapatkan ukuran pelat yang tepat agar tidak bengkok saat diduduki. Selain itu, Biink mengaku mengalami kesulitan dalam mencetak jok agar enak dilihat dan enak saat diduduki.
Honda Scoopy Beraliran Chooper Terinspirasi Dari Film Ghost Rider
Urusan suspensi, Biink sengaja membuat bagian depan dibuat memanjang agar tampak jangkung. Hasilnya, meski menjadi lebih tinggi skutik ini tetap nyaman dikendarai. Untuk meredam getaran di bagian belakang, Biink mengandalkan monoshock Suzuki Satria. Kaki-kaki pun sepenuhnya kastem. Velg depan menggunakan ukuran 17 inci dengan model multi jari-jari yang dipadu dengan cakram lebar, sementara belakang menggunakan velg 15 multi jari-jari yang dibalut dengan ban tapak lebar sehingga tampak padat berisi.
Knalpot pun di desain unik yakni dengan model setengah lingkaran dengan ujung yang meruncing. Biink mencoba membuat ukuran knalpot sesuai dengan diameter velg. Sebagai finishing agar terlihat tampak elegan dan bersih, maka sebagian besar bagian dilabur cairan krom. Alhasil Scoopy Chooper kini menjadi tampil kinclong. Dengan ubahan radikal yang menghabiskan dana Rp15 juta tersebut, Scoopy Chooper ini pun diganjar juara 2 dalam gelaran HOCS 2011 seri Jakarta yang berlangsung akhir pekan lalu.

KEBIASAAN PERILAKU YG BISA MEMBUNUH OTAK

CARA MELATIH OTAK KANAN

Berikut akan saya berikan salah satu "Cara Melatih Otak Kanan", yang mungkin hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukannya. Pada prinsipnya, uji test "Cara Melatih Otak Kanan" berikut ini membuat otak kanan kita terlatih, sehingga jika anda terus melakukan latihan ini, maka tidak menutup kemungkinan otak kanan anda akan semakin berkembang. Marilah kita uji, hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja. Silakan dicoba sampai 50 kali untuk melawan kaki kanan Anda.
1.        Duduklah di kursi, lalu angkat kaki kanan dari lantai dan buat lingkaran searah jarum jam dengan ujung kaki tersebut.
2.        Sekarang, ketika kaki Anda berputar searah jarum jam, gambarlah angka "6" dengan tangan kanan Anda. Apakah putaran kaki Anda berubah?
Saya yakin, setelah melakukan uji test "Cara Melatih Otak Kanan" ini, anda pastinya akan tertawa.
Penasaran? Coba saja.
 
KEBIASAAN PERILAKU YG BISA MEMBUNUH OTAK
Postingan kali ini saya akan menunjukan suatu kebiasaan yang bisa membunuh otak. Namun sesungguhnya bukanlah membunuh, melainkan merusak dan lama kelamaan bisa membahayakan bahkan membuat otak tidak bisa bekerja seperti semula. Saya mendapat informasi mengenai kebiasaan yang bisa membunuh/merusak otak ini dari sebuah buku yang saya pinjam dari perpustakaan sekolah saya. Buku yang saya pinjam ini kemudian saya kembalikan tiga hari yang lalu.

Kembali ke topik pembahasan. Otak adalah organ tubuh vital yang merupakan pusat pengendali sistem saraf pusat. Otak mengatur dan mengkoordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Sungguh suatu tugas yang sangat rumit sekaligus banyak. Dan berikut beberapa kebiasaan yang bisa merusak kinerja otak kita :
 
1.        Tidak mau sarapan; mereka yang tidak mengkonsumsi sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah, akibatnya suplai nutrisi ke otak berkurang.
2.        Kebanyakan makan; terlalu banyak makan, apalagi kadar lemaknya tinggi, bisa berkibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya, kemampuan kerja otak kanan menurun.
3.        Merokok, zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta bisa mengakibatkan penyakit Alzheimer.
4.        Terlalu banyak mengkonsumsi gula; konsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi, sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan menganggu perkembangan otak.
5.        Polusi udara; otak adalah kunsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga bisa menurunkan efisiensi otak. 

8 x 3 = 23

Yan Hui adalah murid kesayangan Confusius yang suka belajar, sifatnya baik. Pada suatu hari ketika Yan Hui sedang bertugas, dia melihat satu toko kain sedang dikerumunin banyak orang. Dia mendekat dan mendapati pembeli dan penjual kain sedang berdebat.

Pembeli berteriak: "3x8 = 23, kenapa kamu bilang 24?

"Yan Hui mendekati pembeli kain dan berkata: "Sobat, 3x8 = 24, tidak usah diperdebatkan lagi".

Pembeli kain tidak senang lalu menunjuk hidung Yan Hui dan berkata: "Siapa minta pendapatmu? Kalaupun mau minta pendapat mesti minta ke Confusius. Benar atau salah Confusius yang berhak mengatakan".

Yan Hui: "Baik, jika Confusius bilang kamu salah, bagaimana?"

Pembeli kain: "Kalau Confusius bilang saya salah, kepalaku aku potong untukmu. Kalau kamu yang salah, bagaimana?"

Yan Hui: "Kalau saya yang salah, jabatanku untukmu".

Keduanya sepakat untuk bertaruh, lalu pergi mencari Confusius. Setelah Confusius tahu duduk persoalannya, Confusius  berkata
kepada Yan Hui sambil tertawa: "3x8 = 23. Yan Hui, kamu kalah. Kasihkan jabatanmu kepada dia." Selamanya Yan Hui tidak akan berdebat dengan gurunya. Ketika mendengar Confusius bilang dia salah, diturunkannya topinya lalu dia berikan kepada pembeli kain.

Orang itu mengambil topi Yan Hui dan berlalu dengan puas.Walaupun Yan Hui menerima penilaian Confusius tapi hatinya tidak sependapat. Dia merasa Confusius sudah tua dan pikun sehingga dia tidak mau lagi belajar darinya. Yan Hui minta cuti dengan alasan urusan keluarga. Confusius tahu isi hati Yan Hui dan memberi cuti padanya. Sebelum berangkat, Yan Hui pamitan dan Confusius memintanya cepat kembali setelah urusannya selesai, dan memberi Yan Hui dua nasehat : "Bila hujan lebat, janganlah berteduh di bawah pohon. Dan jangan membunuh."

Yan Hui bilang baiklah lalu berangkat pulang.

Di dalam perjalanan tiba2 angin kencang disertai petir, kelihatannya sudah mau turun hujan lebat. Yan Hui ingin berlindung di bawah pohon tapi tiba2 ingat nasehat Confusius dan dalam hati berpikir untuk menuruti kata gurunya sekali lagi. Dia meninggalkan pohon itu. Belum lama dia pergi, petir menyambar dan pohon itu hancur. Yan Hui terkejut, nasehat gurunya yang pertama sudah terbukti.

Apakah saya akan membunuh orang? Yan Hui tiba dirumahnya sudah larut malam dan tidak ingin mengganggu tidur istrinya. Dia menggunakan pedangnya untuk membuka kamarnya. Sesampai didepan ranjang, dia meraba dan mendapati ada seorang di sisi kiri ranjang dan seorang lagi di sisi kanan. Dia sangat marah, dan mau menghunus pedangnya. Pada saat mau menghujamkan pedangnya, dia ingat lagi nasehat Confusius, jangan membunuh. Dia lalu menyalakan lilin dan ternyata yang tidur disamping istrinya adalah adik istrinya.

Pada keesokan harinya, Yan Hui kembali ke Confusius, berlutut dan berkata: "Guru, bagaimana guru tahu apa yang akan terjadi?"

Confusius berkata: "Kemarin hari sangatlah panas, diperkirakan akan turun hujan petir, makanya guru mengingatkanmu untuk tidak berlindung dibawah pohon. Kamu kemarin pergi dengan amarah dan membawa pedang, maka guru mengingatkanmu agar jangan membunuh".

Yan Hui berkata: "Guru, perkiraanmu hebat sekali, murid sangatlah kagum."

Confusius bilang: "Aku tahu kamu minta cuti bukanlah karena urusan keluarga. Kamu tidak ingin belajar lagi dariku. Cobalah kamu pikir. Kemarin guru bilang 3x8=23 adalah benar, kamu kalah dan kehilangan jabatanmu. Tapi jikalau guru bilang 3x8=24 adalah benar, si pembeli kainlah yang kalah dan itu berarti akan hilang 1 nyawa. Menurutmu, jabatanmu lebih penting atau kehilangan 1 nyawa yang lebih penting?"

Yan Hui sadar akan kesalahannya dan berkata : "Guru mementingkan yang lebih utama, murid malah berpikir guru sudah tua dan pikun. Murid benar2 malu."

Sejak itu, kemanapun Confusius pergi Yan Hui selalu mengikutinya.

Cerita ini mengingatkan kita:

Jikapun aku bertaruh dan memenangkan seluruh dunia, tapi aku kehilangan kamu, apalah artinya.

Dengan kata lain, kamu bertaruh memenangkan apa yang kamu anggap adalah kebenaran, tapi malah kehilangan sesuatu yang lebih penting.

Banyak hal ada kadar kepentingannya. Janganlah gara2 bertaruh mati2an untuk prinsip kebenaran itu, tapi akhirnya malah menyesal, sudahlah terlambat.

Banyak hal sebenarnya tidak perlu dipertaruhkan. Mundur selangkah, malah yang didapat adalah kebaikan bagi semua orang.

Bersikeras melawan pelanggan. Kita menang, tapi sebenarnya kalah juga.

Bersikeras melawan atasan. Kita menang, tapi sebenarnya kalah juga.

Bersikeras melawan suami. Kita menang, tapi sebenarnya kalah juga.

Bersikeras melawan teman. Kita menang, tapi sebenarnya kalah juga

Kemenangan bukanlah soal medali, tapi terlebih dulu adalah kemenangan terhadap diri dan lebih penting kemenangan di dalam hati.

BE A WINNER!

Belajar dari KUNGFU PANDA....

KUNG FU PANDA

Po , si Panda jantan, yang sehari-hari bekerja di toko mie ayahnya, memiliki impian untuk menjadi seorang pendekar
Kung Fu. Tak disangka, dalam pemilihan Pendekar Naga, Po dinobatkan sebagai Pendekar Naga yangdinanti- nantikan kehadirannya untuk melindungi desa dari balas dendam Tai Lung.

Saat menonton film animasi ini, kita seperti diingatkan tentang beberapa hal:

1. The secret to be special is you have to believe you're special.
Po hampir putus asa karena tidak mampu memecahkan rahasia Kitab Naga, yang hanya berupa lembaran kosong. Wejangan dari ayahnya-lah yang akhirnya membuatnya kembali bersemangat dan memandang positif dirinya sendiri. Kalau kita berpikir diri kita adalah spesial, unik, berharga kita pun akan punya daya dorong untuk melakukan hal-hal yang spesial.

Kita akan bisa, kalau kita berpikir kita bisa.
Seperti kata Master Oogway, You just need to believe

2. Teruslah kejar impianmu.
Po , panda gemuk yang untuk bergerak saja susah akhirnya bisa menguasai ilmu Kung Fu. Berapa banyak dari kita yang akhirnya menyerah, gagal mencapai impian karena terhalang oleh pikiran negatif diri kita sendiri? Seperti kata Master Oogway, kemarin adalah sejarah, esok adalah misteri, saat ini adalah anugerah, makanya disebut Present hadiah. Jangan biarkan diri kita dihalangi oleh kegagalan masa lalu dan ketakutan masa depan. Ayo berjuanglah di masa sekarang yang telah dianugerahkan Tuhan padamu.

3. Kamu tidak akan bisa mengembangkan orang lain, sebelum kamu percaya dengan kemampuan orang itu, dan kemampuan dirimu sendiri.

Master ShiFu ogah-ogahan melatih Po . Ia memandang Po tidak berbakat. Kalaupun Po bisa, mana mungkin ia melatih Po dalam waktu sekejap. Kondisi ini berbalik seratus delapan puluh derajat, setelah ShiFu diyakinkan Master Oogway -gurunya- bahwa Po sungguh-sungguh adalah Pendekar Naga dan Shi Fu satu-satunya orang yang mampu melatihnya.

Sebagai guru atau orang tua, hal yang paling harus dihindari adalah memberi label bahwa anak ini tidak punya peluang untuk berubah. Sangatlah mudah bagi kita untuk menganggap orang lain tidak punya masa depan. Kesulitan juga acap kali membuat kita kehilangan percaya diri, bahwa kita masih mampu untuk membimbing mereka.

4.Tiap individu belajar dengan cara dan motivasinya sendiri.
Shi Fu akhirnya menemukan bahwa Po baru termotivasi dan bisa mengeluarkan semua kemampuannya, bila terkait dengan makanan. Po tidak bisa menjalani latihan seperti 5 murid jagoannya yang lain.

Demikian juga dengan setiap anak. Kita ingat ada 3 gaya belajar yang kombinasi ketiganya membuat setiap orang punya gaya belajar yang unik. Hal yang menjadi motivasi tiap orang juga berbeda-beda. Ketika kita memaksakan keseragaman proses belajar, dipastikan akan ada anak-anak yang dirugikan.

5. Kebanggaan berlebihan atas anak/murid/diri sendiri bisa membutakan mata kita tentang kondisi sebenarnya, bahkan bisa membawa mereka ke arah yang salah.

Master ShiFu sangat menyayangi Tai Lung, seekor macan tutul, murid pertamanya, yang ia asuh sejak bayi. Ia membentuk Tai Lung sedemikian rupa agar sesuai dengan harapannya. Memberikan impian bahwa Tai Lung
akan menjadi Pendekar Naga yang mewarisi ilmu tertinggi. Sayangnya Shi Fu tidak melihat sisi jahat dari Tai Lung dan harus membayar mahal, bahkan nyaris kehilangan nyawanya.

Seringkali kita memiliki image yang keliru tentang diri sendiri/anak/ murid kita. Parahnya, ada pula yang dengan sengaja
mempertebal tembok kebohongan ini dengan hanya mau mendengar informasi dan konfirmasi dari orang-orang tertentu. Baru-baru ini saya bertemu seorang ibu yang selama 14 tahun masih sibuk membohongi diri bahwa anaknya tidak autis. Ia lebih senang berkonsultasi dengan orang yang tidak ahli di bidang autistik. Mendeskreditkan pandangan
ahli-ahli di bidang autistik. Dengan sengaja memilih terapis yang tidak kompeten, agar bisa disetir sesuai keinginannya. Akibatnya proses terapi 11 tahun tidak membuahkan hasil yang signifikan. Ketika kita punya image yang keliru, kita akan melangkah ke arah yang keliru.

6. Hidup memang penuh kepahitan, tapi jangan biarkan kepahitan tinggal dalam hatimu.
Setelah dikhianati oleh Tai Lung, Shi Fu tidak pernah lagi menunjukkan kebanggaan dan kasih sayang pada murid-muridnya. Sisi terburuk dari kepahitan adalah kita tidak bisa merasakan kasih sayang dan tidak bisa berbagi kasih sayang.

7. Keluarga sangatlah penting.
Di saat merasa terpuruk, Po disambut hangat oleh sang ayah. Berkat ayahnya pula Po dapat memecahkan rahasia Kitab Naga dan menjadi Pendekar nomor satu. Sudahkah kita memberi dukungan pada anggota keluarga kita?

Posted by: "Satrio Arismunandar" satrioarismunandar@ yahoo.com satrioarismunandar
Thu Jul 24, 2008 2:53 pm (PDT)

Guru Kita = Mbah Socrates

Renungan buat :
Socrates (469—399 SM) seorang filosofis Yunani kuno, juga merupakan salah satu pendiri Filsafat Barat.  

Pandangan Socrates sangat mempengaruhi Plato (salah seorang murid Socrates) dan Aristoteles (murid Plato). Keduanya merupakan ilmuwan dan filosofis Barat yang terkemuka sepanjang jaman.

Suatu hari Socrates hendak menyeberangi sebuah sungai. Karena kurang hati-hati, ia terperosok ke dalam kubangan yang dalam. Ia tidak bisa berenang dan terpaksa hanya meronta-ronta sekuat tenaga di dalam air sambil berteriak minta tolong.
Saat itu, ada seseorang yang sedang memancing di tepi sungai. Mendengar suara teriakan Socrates, bukannya mengulurkan tangan untuk menolong, sebaliknya malah menyimpan kail, lalu berdiri dan pergi.
Beruntung murid-murid Socrates datang tepat pada waktunya dan berhasil me-nyelamatkan jiwa sang Guru.
Seketika itu juga murid – muridnya mengganti pakaian Socrates yang basah, dan serempak mengutuk si pemancing sebagai orang yang bermoral rendah, tidak mau menolong orang yang sedang dalam bahaya.
Tak lama berselang, pemancing itu ketika hendak menyeberang sungai, karena kurang hati-hati juga terperosok ke dalam kubangan air yang dalam. Ternyata orang itu juga sama sekali tidak bisa berenang, dan hanya bisa berteriak meminta tolong sambil meronta- ronta sekuat tenaga.
Sungguh kebetulan, Socrates bersama dengan murid-muridnya sedang berjalan di tepi sungai dan mendengar suara teriakan minta tolong si pemancing tersebut. Mereka pun bergegas berlari mendekat, dan dengan menggunakan sebatang bambu yang panjang mereka menolongnya.
Setelah mengetahui wajah orang yang mereka tolong, para murid Socrates merasa sangat menyesal dan berkata, ”Jika tahu yang jatuh ke dalam sungai itu adalah orang itu, bagaimana pun juga kami tidak akan menolong dia!”
Socrates membantu menggantikan pakaian orang tersebut yang telah basah, lalu dengan tenang Socrates berkata, ”Tidak. Kalian justru harus menolong dia! Inilah perbedaan antara dia dan kalian semua.”

Rabu, 23 Mei 2012

Pengumuman Hasil Ujian Nasional UN 2012 SMA, SMK, MA, SMALB

Informasi jadwal pengumuman, kelulusan hasil UN 2012 untuk sekolah mengah atas SMA, SMK, MA dan sederajat siap untuk dirilis oleh pemerintah dan operator pelaksana ujian nasional tahun 2012.

Berdasarka berita yang dikutip dari berbagai media, baik itu media cetak, media online maupun media elektronik seperti radio dan televisi. Jadwal pengumuman hasil UN 2012 akan dikeluarkan pada hari Kamis tanggal 24 Mei 2012. Lembar pengumuman atau file pengumuman sudah dibagikan ke sekolah-sekolah pada tanggal 23 Mei 2012.

Namun, beredar kabar yang menyebutkan kalau pengumuman UN 2012 untuk SMA, SMK dan MA baru akan dirilis pada tanggal 26 Mei 2012, tepatnya pada hari Sabtu. Kebenaran kabar ini masih diragukan karena sejumlah media yang admin baca menyebutkan pengumuman UN 2012 SMA, pengumuman UN 2012 SMK dan pengumuman UN 2012 MA akan dikeluarkan pada tanggal 24 Mei 2012 di tiap sekolah.

Jadwal Pendaftaran Online SNMPTN 2012

Jadwal Pendaftaran SNMPTN 2012 - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi negeri untuk tahun 2012 telah dimulai, 10 Mei 2012. Pendaftara calon mahasiswa baru, dilakukan secara online melalui website resmi SNMPTN 2012.

Jadwal pendaftaran SNMPTN secara online dibuka mulai hari Kamis, 10 Mei 2012 dan akan berakhir pada tanggal 31 Mei 2012. Untuk melakukan registrasi secara online, anda para calon maba cukup mengunjungi www.snmptnc.ac.id di situ anda bisa mendaftar secara online.

Kapan pendaftaran SNMPTN 2012 dimulai atau tanggal berapa pendaftaran SNMPTN 2012 dibuka telah terjawab sudah. Saatnya anda bergerak cepat sebagai pemuda-pemudi yang gesit dan cerdas, jangan sampai terlewat, siapkan pula persyaratan yang disyaratkan agar urusan registrasi online SNMPYN 2012 anda berjalan lancar.

Bagaimana Cara Login / Registrasi di WWW.SNMPTN.AC.ID

Pada hari pertama pendaftaran SNMPTN 2012 melalui internet di situs resmi atau website resmi SNMPTN 2012, banyak siswa atau calon mahasiswa baru yang kebingungan karena tidak menemukan link melakukan registrasi atau login.

Admin juga sempat mengecek langsung ke situs www.snmptn.ac.id dan ternyata admin juga tidak menemukan jalan untuk registrasi atau login. Sama halnya dengan yang dialami ribuan siswa yang berniat mendaftar secara online snmptn jalur ujian tertulis yang di mulai hari Kamis, tanggal 10 Mei 2012.

Jadi kepada adik-adik yang berniat mendaftar di situs resmi snmptn 2012, caranya seperti ini :
Anda klik https://ujian.snmptn.ac.id/login.php, setelah di klik, akan muncul halaman seperti di bawah ini, Anda diminta mengisi Kode Akses Pendaftaran, PIN SNMPTN, Kelompok Ujian serta Panitia lokal tempat anda mengikuti ujian.


Kemudian anda disuruh untuk mengisi rangkaian huruf pada kolom yang telah disediakan. Selanjutnya klik tombol LOGIN.

Gunung Ijen Bondowoso - Eksotisme Tiada Banding







Mengagumkan. Itulah kesan yang acap dirasakan siapa pun yang menyaksikan keindahan panorama kawah Gunung Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Objek wisata yang berada di kawasan pegunungan Ijen-Merapi, ujung timur Pulau Jawa, ini memang menawarkan banyak hal.

Semakin lama dipandang, kesan ganas yang melekat pada nganga kawah ini berangsur sirna. Bayangan kengerian pada gunung berapi yang biasanya mampu melumatkan semua makhluk hidup saat menyemburkan lava panas dari perut bumi pun hilang. Kesan menakutkan itu berganti dengan rasa takjub dan decak kagum tiada habisnya.


Kawah yang luasnya sekitar 5.466 hektar ini menyimpan eksotisme kawah gunung berapi. Ketenangan air kawah yang berwarna hijau kebiru-biruan itu mengesankan keanggunan. Pemandangan di sana akan lebih menakjubkan bila dinikmati di pagi hari. Air kawah yang volumenya sekitar 200 juta meter kubik dengan panas mencapai 200 derajat Celcius itu memancarkan kemilau hijau keemasan saat sinar mentari menerpa dari balik Gunung Merapi, saudara kembar Gunung Ijen.

Keindahan itu dijaga oleh dinding kawah yang terdiri dari bebatuan solfatra dan lapili. Kedua bebatuan itu merupakan endapan erupsi yang berwarna hitam legam. Sesekali asap putih tebal menutup permukaan kawah saat angin berembus dari arah Gunung Merapi. Sekejap kemudian, bau belerang menyengat menyeruak tatkala angin naik dari dasar kawah. Aroma khas itu berasal dari lokasi penambangan batu belerang yang ada di sisi tenggara kawah yang berukuran 1.160 meter x 1.160 meter itu.

Dari sekitar 300 gunung api yang tersebar di kepulauan Indonesia, Ijen yang berada di ketinggian 2.368 dari permukaan laut memang punya keunikkan yang tiada duanya. Selain eksotisme kawah yang menakjubkan, dataran tinggi yang masuk area Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) ini cocok dijadikan tujuan pendakian untuk keluarga. Khususnya, bagi mereka yang gila akan petualangan di alam bebas. Ini didukung dengan fasilitas pendukung seperti jalan menuju lokasi, camping ground, penginapan, serta pondok wisata sudah tersedia cukup memadai.

Selain eksotisme kawah, kesejukkan alam pegunungan yang masih perawan juga dimiliki Ijen. Di sini, padang savana dan hutan stepa dengan rumput liar setinggi rata-rata satu meter juga bisa kita dapati. Savana dan stepa yang luasnya mencapai 10 ribu hektar itu berada di antara deretan gunung-gunung yang puncaknya berketinggian rata-rata 2.000 meter. Deretan gunung yang membentang dari Banyuwangi hingga Bondowoso ini tampak hijau kebiruan.

Ada belasan gunung di sana. Di antaranya, Gunung Kendeng, Ringgih, Merapi, Ijen, Papak, Widodaren, Pawenan, Rante, Jampit, Raung dan Suket, Kukusan, Deleman, Pendil, Kenteng, Panduan, Anyar, dan Gunung Lingker. Ke semua gunung yang meliputi dataran tinggi seluas 300 km persegi itu menantang siapa pun untuk melakukan pendakian.

Pesona alam pegunungan kian lengkap di bulan Agustus dan September. Di kawasan pegunungan Ijen dan Merapi, pengunjung akan menjumpai bunga edelweiss. Bunga berwarna kuning dan putih itu tumbuh di lereng-lereng pegunungan. Hamparan edelweiss itu bak permadani berhiaskan lautan bunga tatkala sedang mekar.

Untuk menjangkau kawah Ijen tidaklah sulit. Ada dua rute yang bisa ditempuh, yakni lewat Kota Bondowoso (210 km dari Surabaya) atau melewati Kota Banyuwangi (sekitar 290 km dari Surabaya). Kedua jalur itu menjanjikan pemandangan alam pegunungan yang sejuk dan asri. Di sepanjang jalan beraspal mulus, hamparan kebun kopi, padang ilalang, dan hutan perdu yang luas menyapa siapa pun yang lewat.

Dari Bondowoso, jarak yang harus ditempuh sejauh 72 kilometer. Kendaraan umum akan siap mengantar pengunjung hingga Desa Sempol (57 km dari Bondowoso). Dari sini perjalanan dilanjutkan menuju Pos Paltuding sejauh 15 km. Rute Sempol-Paltuding ini adalah trek menanjak yang bisa ditempuh dengan kendaraan sewa khusus karena tak ada lagi kendaraan umum.

Pilihan kedua, Ijen ditempuh dari arah timur (Banyuwangi). Jalur ini lebih disukai oleh wisatawan asing yang menyempatkan diri mampir dari Bali. Selain jaraknya lebih dekat (30 km), di sepanjang perjalanan banyak alternatif objek wisata lain yang bisa dikunjungi. Di antaranya agrowisata kebun kopi Kaliklatak dan wisata budaya Osing di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah. Lewat jalur ini wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan dengan naik truk milik PT Candi Arimbi.

Usai Paltuding, pengunjung harus berjalan kaki melewati hutan cemara dan perdu sejauh empat km sampai ke puncak kawah Ijen. Rute ini juga rute tetap para buruh pengangkut belerang. Kondisi jalan tanah yang selalu basah ini relatif lebar dan dilengkapi dengan pos-pos peristirahatan sementara.

Di sela-sela hutan pinus dan cemara sepanjang jalan dari Pos PHPA Paltuding hingga Pondok Seng, pengunjung bisa menikmati sepuasnya aroma harum bunga edelweiss (Anaphalis Javanica). Dengan seabreg pesona yang dimilikinya, tidak heran jika Ijen sudah menjadi objek wisata tujuan utama kedua di Jatim setelah Gunung Bromo di Probolinggo. Bahkan saking banyaknya wisatawan yang datang ke Ijen, antara Pemerintah Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi sering bertengkar untuk memperebutkannya.

Kabupaten Bondowoso Jawa Timur


Kabupaten Bondowoso dapat dibagi menjadi tiga wilayah: Wilayah barat merupakan pegunungan (bagian dari Pegunungan Hyang), bagian tengah berupa dataran tinggi dan bergelombang, sedang bagian timur berupa pegunungan (bagian dari Dataran Tinggi Ijen). Bondowoso merupakan satu-satunya kabupaten di daerah Tapal Kuda yang tidak memiliki garis pantai.
LETAK DAN POSISI Kabupaten Bondowoso adalah sebuah salah satu kabupaten dalam lingkup Propinsi Jawa Timur yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa. Dikenal dengan sebutan daerah tapal kuda. Ibukotanya adalah Bondowoso. Kabupaten Bondowoso memiliki luas wilayah 1.560,10 km2 yang secara geografis berada pada koordinat antara 113°48′10″ - 113°48′26″ BT dan 7°50′10″ - 7°56′41″ LS. Kabupaten Bondowoso memiliki suhu udara yang cukup sejuk berkisar 15,40 0C – 25,10 0C, karena berada di antara pegunungan Kendeng Utara dengan puncaknya Gunung Raung, Gunung Ijen dan sebagainya di sebelah timur serta kaki pengunungan Hyang dengan puncak Gunung Argopuro, Gunung Krincing dan Gunung Kilap di sebelah barat. Sedangkan di sebelah utara terdapat Gunung Alas Sereh, Gunung Biser dan Gunung Bendusa. Letak Kabupaten Bondowoso tidak berada pada daerah yang strategis. Meskipun berada di tengah, namun Kabupaten Bondowoso tidak dilalui jalan negara yang menghubungkan antar propinsi. Bondowoso juga tidak memiliki lautan. Ini yang menyebabkan Bondowoso sulit berkembang dibandingkan dengan kabupaten lainnya di Jawa Timur. Secara geografis, Kabupaten Bondowoso mempunyai batas-batas wilayah sebagai berikut :
  • Sebelah utara : Kabupaten Situbondo,
  • Sebelah timur : Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi,
  • Sebelah selatan : Kabupaten Jember,
  • Sebelah barat : Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Probolinggo.

Sejarah


Kediaman resident Bondowoso di tahun 1927 - 1929
Rumah Assistent Resident, Bondowoso: before 1940
residentswoning te besoeki op Oost-java 1866
Kantor Pos & Telegrap 1930

Alun-alun Bondowoso 1898
Karnaval di Bondowoso 1925
Pohon Bringin ditengah alun2 Bondowoso 1931
Alun-alun Bondowoso 1910

Bondowoso doeloe ada karapan sapi lho

Stasiun Kereta Api Tempo Doeloe

Alun-alun kota Bondowoso di tahun 1920-an

Pembagian administratif

ADMINISTRASI Wilayah administrasi Kabupaten Bondowoso tahun 2008 terbagi atas 23 Kecamatan, 10 Kelurahan dan 209 desa.

Karakter Fisik dan Wilayah

Kondisi dataran di Kabupaten Bondowoso terdiri atas pegunungan dan perbukitan seluas 44,4 %, 24,9 % berupa dataran tinggi dan dataran rendah 30,7 % dari luas wilayah keseluruhan. Kabupaten Bondowoso berada pada ketinggian antara 78-2.300 meter dpl, dengan rincian 3,27% berada pada ketinggian di bawah 100 m dpl, 49,11% berada pada ketinggian antara 100 – 500 m dpl, 19,75% pada ketinggian antara 500 – 1.000 m dpl dan 27,87% berada pada ketinggian di atas 1.000 m dpl. Menurut klasifikasi topografis wilayah, kelerengan Kabupaten Bondowoso bervariasi. Datar dengan kemiringan 0-2 % seluas 190,83 km2, landai (3-15%) seluas 568,17 km2, agak curam (16-40%) seluas 304,70 km2 dan sangat curam di atas 40% seluas 496,40 km2. Berdasarkan tinjauan geologis di Kabupaten Bondowoso terdapat 5 jenis batuan, yaitu hasil gunung api kwarter 21,6%, hasil gunung api kwarter muda 62,8%, batuan lensit 5,6%, alluvium 8,5% dan miasem jasies sedimen 1,5%. Untuk jenis tanahnya 96,9% bertekstur sedang yang meliputi lempung, lempung berdebu dan lempung liat berpasir; dan 3,1% bertekstur kasar yang meliputi pasir dan pasir berlempung. Berdasarkan tinjauan geologi, topografi, jenis tanah dan pola pemanfaatan lahan, wilayah Kabupaten Bondowoso memiliki karakteristik sebagai kawasan rawan terhadap terjadinya bencana alam, khususnya banjir dan longsor. 1. Rawan Banjir Permasalahan lingkungan dan sosial yang menonjol adalah kerusakan hutan atau luasnya lahan kritis. Berbagai kegiatan masyarakat (dengan kualitas SDM terbatas) dalam memanfaatkan lahan (kehutanan, pertanian dan permukiman) berpengaruh besar pada kerusakan DAS Sampean. Kawasan hutan di Kabupaten Bondowoso berada dalam pengelolaan KPH Bondowoso dengan perincian: hutan lindung 46.784,2 ha; hutan produksi 45.218 ha; dan LDTI 366,32 Ha. Kawasan lindung yang diolah dan ditempati masyarakat mencapai 23,0%. Sebaliknya terdapat pula hutan produksi yang berada di atas tanah milik masyarakat. Hutan lindung dan hutan produksi yang ada relatif rawan terhadap penjarahan oleh masyarakat. Hal ini karena adanya tekanan penduduk yang besar yang sebagian besar bekerja di sektor pertanian dengan tingkat pendapatan yang rendah, serta sistem kelembagaan yang kurang berjalan efektif. Sehingga masyarakat kurang peduli terhadap kelestarian hutan dan memanfaatkan hutan sebagai lahan mata pencaharian. Kerusakan lahan yang terjadi di Kabupaten Bondowoso (lahan kritis yang ada) mencapai luas 40.758 Ha, dengan rincian sangat kritis seluas 4.175 Ha, kritis seluas 10.420 Ha, agak kritis seluas 11.417 Ha, dan potensial kritis seluas 9.746 Ha yang pada umumnya adalah lahan masyarakat. Sedangkan lahan perhutani yang kritis mencapai 5.000 Ha. Adanya lahan kritis tersebut cenderung meningkatkan erosi, yang berakibat pada meningkatnya sedimentasi sungai, menurunkan daya tampung sungai, melampaui kapasitas sarana prasarana irigasi yang ada, sehinga timbul kawasan-kawasan rawan luapan air atau kawasan rawan banjir. Daerah rawan banjir mencakup 33,33% wilayah Kabupaten Bondowoso, khususnya kawasan-kawasan yang berada di sepanjang aliran Sungai Sampean dan Sungai Tlogo, di antaranya Kecamatan Grujugan, Bondowoso, Tenggarang, Wonosari, Klabang, Tapen, Prajekan, Sumberwringin, Pakem, Tegalampel, dan Tlogosari (Peta terlampir). Setiap tahun terjadi bencana banjir (terbesar tahun 2002) yang melanda wilayah Kabupaten Bondowoso dan Situbondo (daerah bawah DAS Sampean). Dampak seringnya terjadi banjir adalah meningkatnya kerusakan jaringan irigasi, kerusakan prasarana jalan, kerusakan instalasi air bersih dan rusaknya prasarana permukiman dan prasarana umum. Khusus prasarana irigasi, kerusakan jaringan apabila tidak tertangani segera akan menurunkan debit air irigasi dan pada akhirnya terjadi kekeringan lahan pertanian di musim kemarau. 2. Rawan Tanah Longsor Berdasarkan tingkat kemiringannya, wilayah Kabupaten Bondowoso terdiri dari: kemiringan 0-2% seluas 19.083 ha (12,23%), kemiringan 3-15% seluas 56.816,9 ha (36,42%), kemiringan 16-40% seluas 30.470,3 ha (19,53%) dan kemiringan di atas 40% seluas 49.639,8 ha (31,82%). Sedangkan kedalaman efektif tanah bervariasi antara 30 cm - 90 cm, dengan komposisi: 57,4% memiliki kedalamam efektif di atas 90 cm, 15,6% memiliki kedalaman efektif antara 60 cm - 90 cm, 14,7% memiliki kedalaman efektif antara 30 cm - 60 cm, dan 12,3% memiliki kedalaman efektif di bawah 30 cm. Ketinggian dan kedalaman efektif tanah yang bervariasi ini berpengaruh terhadap jenis, pertumbuhan dan kerapatan vegetasi. Berdasarkan Peta Geologi Jawa dan Madura, di Kabupaten Bondowoso terdapat 5 jenis batuan, yaitu hasil gunung api kwarter 21,6%, hasil gunung api kwarter muda 62,8%, batuan lensit 5,6%, alluvium 8,5%, dan miasem, jasies sedimen 1,5%. Sedangkan tanah di Kabupaten Bondowoso 96,9% bertekstur sedang yang meliputi lempung, lempung berdebu, dan lempung liat berpasir, 3,1% bertekstur kasar yang meliputi pasir dan pasir berlempung, dan tidak ada yang bertekstur halus. Tingkat kemiringan dan tekstur tanah yang bervariasi ini menjadi salah satu penyebab terjadinya erosi/longsor dan rendahnya jumlah cadangan air. Tanah yang mudah erosi/longsor seluas 40.796,62 ha (26,15%) dapat dijumpai di hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Bondowoso, khususnya di wilayah Kecamatan Sempol, Sumberwringin, Tlogosari, Wringin, Tegalampel, Klabang, Pakem, Binakal, Curahdami, Grujugan dan Maesan (Peta terlampir). Kerawanan terhadap bencana longsor disebabkan juga oleh makin luasnya lahan kritis. Pada umumnya bencana banjir disertai oleh bencana longsor. Longsor terjadi setiap tahun pada kawasan-kawasan perbukitan dan lereng pegunungan yang seringkali melanda permukiman perdesaan, merusak prasarana irigasi, air bersih, jalan dan jembatan serta lahan-lahan pertanian masyarakat. 3. Kerawanan Terhadap Bencana Lainnya Selain bencana banjir dan longsor Wilayah Kabupaten Bondowoso juga rawan terhadap beberapa bencana lainnya yaitu gempa bumi, bahaya gunung berapi dan angin puyuh. a. Gempa Bumi Adanya aktivitas Gunung berapi (Gunung Ijen dan Gunung Raung) di sisi timur Kabupaten Bondowoso, mengakibatkan daerah sekitarnya rawan terhadap bencana Gempa Bumi yaitu mencakup 9,74% luas wilayah Kabupaten Bondowoso meliputi wilayah Kecamatan Sempol dan Tlogosari (berada di lereng Gunung Ijen dan Raung). b. Bahaya Gunung Berapi Demikian halnya dengan kerawanan terhadap bencana gunung berapi, kondisinya sama dengan kerawanan terhadap bencana gempa bumi. Daerah rawan bencana Gunung Berapi mencakup 9,74% luas wilayah Kabupaten Bondowoso meliputi wilayah Kecamatan Sempol dan Tlogosari (berada di lereng Gunung Ijen dan Raung). c. Angin Puyuh Karakteristik daerah yang dikelilingi perbukitan dan pegunungan menyebabkan sering terjadinya angin puyuh di wilayah Bondowoso sehingga sebagian besar wilayah (50,76%) rawan angin puyuh yaitu meliputi wilayah Kecamatan Cermee, Wonosari, Prajekan, Wringin, Pakem, Curahdami, dan Grujugan.

Kependudukan

Jumlah penduduk Kabupaten Bondowoso tahun 2007 sebesar 735.894 jiwa, yang terdiri dari 361.380 jiwa penduduk laki-laki dan 374.514 jiwa penduduk perempuan yang tersebar di 23 kecamatan. Ini mengalami kenaikan dari tahun 2006 sebesar 10.323 jiwa atau sebesar 1,42 %. Jumlah penduduk terbanyak di Kecamatan Bondowoso sebesar 72.714 jiwa dan terendah di Kecamatan Sempol 8.103 jiwa. Angka kepadatan penduduk mencapai 471 jiwa/km2. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bondowoso tahun 2008 yang terdiri dari empat komponen yaitu angka harapan hidup, angka melek huruf orang dewasa, rata-rata sekolah dan paritas daya beli pada tahun 2008 sebesar 59,54. Meningkat dari tahun 2007 sebesar 59,05. Kecamatan dengan IPM tertinggi yaitu Kecamatan Bondowoso sebesar 68,58, dan IPM terendah di Kecamatan Sumberwringin sebesar 53,23.
Sosial Budaya dan Kesehatan Upaya penyehatan manusia dapat dilakukan dengan peningkatan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat itu sendiri. Untuk menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat dapat dilakukan dengan cara menggerakkan masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat, keluarga yang sadar gizi serta menjadikan seluruh desa menjadi desa siaga. Selain itu, dalam rangka menuju Bondowoso Sehat tahun 2010, Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui dinas terkait telah melakukan beberapa upaya, antara lain revitalisasi RSU, Puskesmas, Polindes, Posyandu dan pelayanan kesehatan masyarakat miskin yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja masing-masing sarana kesehatan tersebut dalam mendukung pelaksanaan pembangunan kesehatan. Di Kabupaten Bondowoso sendiri saat ini telah terdapat sebuah Rumah Sakit Umum dr. H. Koesnadi dengan tipe B. Juga terdapat sebuah Rumah Sakit Bhayangkara milik Polri dan Klinik Kusuma Bakti. Puskesmas tersebar di seluruh kecamatan. Khusus di Kecamatan Bondowoso terdapat tiga Puskesmas.
Pendidikan Pembangunan bidang pendidikan saat ini sedang digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso, yang dilakukan dengan cara memperluas dan pemerataan kesempatan masyarakat dalam memperoleh pendidikan. Ini dikarenakan masih adanya penduduk yang tidak tamat sekolah, putus sekolah dan bahkan tidak sekolah. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Bondowoso berupaya agar tingkat pendidikan masyarakat meningkat. Mulai dari pemenuhan sarana dan parasarana pendidikan formal hingga penyelenggaraan pendidikan luar sekolah salah satunya dengan Pemberantasan Buta Aksara (PBA), dimana Kabupaten Bondowoso telah dideklarasikan sebagai kabupaten bebas buta aksara oleh Presiden RI dengan diterimanya penghargaan Anugerah Aksara Tingkat Utama dari Presiden Republik Indonesia. Fasilitas pendidikan dasar tersebar di semua kecamatan. Sedangkan untuk pendidikan setingkat SMA sederajat terdapat di hampir semua kecamatan di Kabupaten Bondowoso. Untuk pendidikan tinggi berada di Kecamatan Bondowoso yaitu Universitas Bondowoso, Sekolah Tinggi Agama Islam At Taqwa dan Program Diploma III Keperawatan.
Kebudayaan Nasional Terdapat lima suku/ etnis di Kabupaten Bondowoso. Terbanyak dari suku Jawa dan Madura dan sebagian kecil suku India. Dua suku lainnya yaitu Cina dan Arab. Umumnya dalam kesehariannya mereka menggunakan bahasa Jawa dan Madura. Sedangkan jumlah situs bersejarah yang ada di Kabupaten Bondowoso berjumlah 12 situs yaitu Dolmen, Punden Berundak, Menhir, Sarkopagus, Kubur Batu, Batu Kenong, Pelinggih, Stunchambers (batu ruang), Goa Buto, Ekopak, Abris Saus Roche dan Area Batu.
Keagamaan Fasilitas peribadatan tersebar di seluruh Kabupaten Bondowoso. Masjid terbesar di Bondowoso yaitu Masjid Jami’ At Taqwa yang berada di sebelah barat alun-alun Bondowoso. Khusus untuk gereja Katolik, Pura dan Vihara terletak di Kecamatan Bondowoso. Di Kabupaten Bondowoso sebagai salah satu kabupaten tapal kuda tersebar pondok-pondok pesantren dimana jumlah pondok pesantren dan jumlah santri setiap tahun selalu bertambah.

Perekonomian

INDUSTRI Jumlah perusahaan industri dibedakan menjadi industri besar, industri menengah dan industri kecil baik formal atau non formal. Jumlah industri besar dan menengah tetap seperti tahun sebelumnya yaitu berjumlah 22 dan 28 unit. Sedangkan jumlah industri kecil baik formal dan non formal meningkat menjadi 402 dan 17.760 unit. Penyerapan tenaga kerja meningkat rata-rata 2,26 %. Nilai investasi meningkat rata-rata 5,55% sebesar Rp. 81.635.736.400.- dengan nilai produksinya sebesar Rp. 168.896.897.650,- atau naik 6,02 %.
PERDAGANGAN Pembangunan sektor perdagangan tahun 2007 mengalami perkembangan signifikan. Ini ditandai dengan meningkatnya penerbitan/ pembaharuan pendaftaran perusahaan secara keseluruhan sebesar 7,69%. Penerbitan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) juga meningkat 7,75% dari tahun sebelumnya sebanyak 5.700 buah untuk SIUP kecil, menengah dan besar. Sarana perdagangan bagi masyarakat sampai tahun 2008 masih didominasi oleh toko/ ruko. Pasar induk terdapat di seputaran Jalan Teuku Umar dan Jalan Wadid Hasyim. Sedangkan swalayan di Kabupaten Bondowoso berjumlah 25 buah. Di Bondowoso belum terdapat plaza/ mall. Terdapat juga beberapa pasar hewan yang tersebar di beberapa kecamatan. Kawasan jalan RE. Martadinata dan Alun-alun Bondowoso setiap sore sampai malam hari digunakan Pedagang Kaki Lima untuk menjajakan dagangannya. Pedagang buah-buahan disediakan tempat di Jalan Veteran.
LEMBAGA KEUANGAN Lembaga keuangan/ perbankan di samping untuk perorangan juga mempunyai peranan dalam meningkatkan pembangunan daerah. Jumlah bank baik bank pemerintah maupun swasta di Kabupaten Bondowoso tahun 2008 tetap seperti tahun sebelumnya. Bank pemerintah meliputi BRI, BNI, Bank Mandiri dan Bank Jatim. Bank swasta nasional meliputi BTPN, Bank Buana, Bank Danamon Simpan Pinjam dan Bank Bukopin. Untuk bank swasta asing/campuran yaitu BCA dan Bank Lippo. BRI Unit berjumlah 13 unit serta Bank Perkreditan Rakyat berjumlah 5 unit yaitu BPR Bintang Mas, Delta, Manuk Ayu, Manukwari dan Sari Dinar Mas.

Pariwisata

Pariwisata, seni dan budaya merupakan salah satu kegiatan yang diharapkan dapat menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat, yang berdampak pada meningkatnya pendapatan daerah. Kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara diharapkan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat. Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang RTRW Kabupaten Bondowoso, ditetapkan kawasan wisata Kabupaten Bondowoso yaitu :
1.Kawasan Wisata Terpadu Kawah Ijen di Kecamatan Sempol dan Sumberwringin, dengan obyek wisata : a.Wisata Kawah Ijen, Kawah Telaga Weru dan Kawah Wurung









b.Wisata Air Terjun Blawan dan Gua Stalagtit












c.Wisata Pemandian Air Panas Blawan dan Pemandian Damarwulan









d.Wisata Agro Kopi Kalisat












e.Wisata Air Terjun Puloagung - Sukorejo


2.Kawasan Wisata Terpadu Lereng Argopuro di Kecamatan Pakem, dengan obyek wisata :
a.Wisata Agro Pusat Penelitian Kopi dan Kakao










b.Wisata Air Terjun Tancak Kembar











c.Wisata Pendakian Pegunungan Hyang (Gunung Argopuro)
Cikasur

Puncak : Komplek Rengganis












3.Kawasan Wisata Pemandangan Arak-arak di Kecamatan Wringin;











4.Kawasan Wisata Pendakian Gunung Raung di Kecamatan Sumberwringin;
Puncak G. Raung

Kawah G. Raung


















5.Kawasan Wisata Panjat Tebing Alam Patirana di Kecamatan Grujugan;









6.Kawasan Wisata Pemanian Tasnan di Kecamatan Grujugan;










7.Kawasan Wisata Sejarah Sarkopage di Kecamatan Grujugan, Maesan, Wringin, Tegalampel, Bondowoso, Wonosari, Tamanan, Jambesari Darussholah, Prajekan, Tlogosari dan Sempol;












8.Kawasan Wisata Rekreasi Alun-alun Bondowoso;
Bendi Wisata di Alun2 Kota











9.Kawasan Wisata Ziarah Makam Ki Ronggo di Kecamatan Tegalampel;










10.Kawasan Wisata Budaya Pedepokan Gema Buana di Kecamatan Prajekan;
Tari Topeng

Singo Ulung










11.Kawasan Wisata Kerajinan Kuningan Cindogo di Kecamatan Tapen;










12.Kawasan Wisata Bendung Sampean Baru di Kecamatan Tapen;












13.Kawasan Wisata Budaya Upacara Adat Desa Blimbing di Kecamatan Klabang;
Tradisi Ojung












14.Kawasan Wisata Arung Jeram Bosamba di Kecamatan Taman Krocok dan Tapen.









15.kawasan wisata aduan sapi yang ada di kecamatan tapen










Ijen View Resort

Palm Hotel
Dalam mendukung pariwisata, di Kabupaten Bondowoso juga disediakan sarana akomodasi penginapan yang memadai bagi wisatawan. Pada tahun 2008 ini jumlah hotel di Kabupaten Bondowoso terdiri dari 11 hotel. Satu hotel bintang 3 yaitu Hotel Ijen View di Jalan KIS Mangunsarkoro. Sedangkan lainnya yaitu hotel melati. Enam hotel di Kota Bondowoso yaitu Palm, Anugerah, Baru, Slamet, Kinanti dan Grand serta 4 hotel di luar Kota Bondowoso yaitu Arabica, Catimore, Jampit, dan Wisata Asri.
Perhubungan dan Transportasi

Stasiun kereta api Bondowoso di tahun 1927-1929
Prasarana transportasi berupa terminal type C yang berada di Jalan Imam Bonjol. Terdapat pula Stasiun kereta api, namun sudah tidak beroperasi. Bondowoso juga tidak terdapat jembatan timbang. Sarana transportasi berupa bus umum yang terdiri dari bus antar kota dalam propinsi dan luar propinsi. MPU dan angkutan desa melayani trayek antar kota dan antar kecamatan. Di dalam kota sarana transportasi berupa becak dan dokar. Khusus untuk dokar beroperasi di pinggiran kota

Infrastruktur Wilayah

Infrastruktur Jalan Berdasarkan Rencana Tata Tuang Wilayah Kabupaten Bondowoso Tahun 2007, sistem prasarana jalan berdasarkan hirarki dan fungsi pelayanan di Kabupaten Bondowoso terdiri dari jalan kolektor primer, lokal primer dan lokal sekunder, yaitu : a.Jalan kolektor primer, yaitu jalan yang menghubungkan antara ibukota Kabupaten Bondowoso dengan ibukota kabupaten sekitarnya, yaitu : 1)Jalan penghubung Bondowoso – Situbondo (Bondowoso-Tenggarang-Wonosari-Tapen-Klabang-Prajekan-Widuri); 2)Jalan penghubung Bondowoso – Banyuwangi (Bondowoso-Tenggarang Wonosari-Garduatak-Sukosari-Sempol-Paltuding); 3)Jalan penghubung Bondowoso – Jember (Bondowoso-Grujugan-Maesan-Suger Lor); 4)Jalan penghubung Bondowoso – Besuki (Bondowoso-Pal 9-Wringin-Arak-arak) b.Jalan lokal primer, yaitu jalan yang menghubungkan antara Kota Bondowoso dengan kota ordo II dan ordo III kabupaten dan ibukota kabupaten yaitu : 1) Jalan Bondowoso – Tegalampel – Taman Krocok 2) Jalan Wonosari – Taman Krocok 3) Jalan Widuri – Cermee 4) Jalan Klabang – Botolinggo 5) Jalan Bondowoso – Curahdami – Binakal 6) Jalan Tenggarang (Bataan) – Pujer – Tlogosari 7) Jalan Sukosari (Sumbergading) – Sumberwringin 8) dan jalan-jalan yang menghubungkan pusatkawasan perkotaan dengan kawasan perdagangan dan jasa, industri, wisata dan perkantoran. c. Jalan lokal primer dan sekunder yang potensial sebagai jalan tembus antar kabupaten yaitu : 1) Jalan Bondowoso (Koncer) – Grujugan Kidul – Tamanan – Sukowono Kabupaten Jember; 2) Jalan Maesan - Sukowono Kabupaten Jember; 3) Jalan Cermee – Panji Kabupaten Situbondo; 4) Jalan Klabang – Wonoboyo - Kendit – Panarukan Kabupaten Situbondo; d. Jalan lokal sekunder yaitu jalan yang menghubungkan kawasan permukiman baik permukiman perkotaan maupun perdesaan dengan kawasan perdagangan dan pemerintahan yang ada simpul-simpul kota di wilayah Kabupaten Bondowoso.
Tahun 2007 total panjang jalan di Kabupaten Bondowoso 1.286,550 km yang terdapat pada pada 323 ruas jalan, yang terdiri dari jalan aspal sepanjang 734,417 km (57,08%), jalan makadam 140,530 km (10,92%) dan jalan tanah sepanjang 411,603 km (32,00%). Untuk jembatan di Kabupaten Bondowoso berjumlah 267 buah sepanjang 1.958,50 meter.

Makanan khas

Makanan khas Bondowoso adalah tape manis Bondowoso, yang umumnya dikemas dalam bèsèk (anyaman dari bambu berbentuk kotak). tape ini terbuat dari ketela pohon , wisatawan mancanegara menyebutnya fermented of cassava, mirip seperti peyeum tapi rasa tape manis bondowoso lebih khas. banyak wistawan dari luar bondowoso yang rela datang ke bondowoso hanya untuk membeli tape manis ini
merk tape manis yang terkenal antara lain Tape manis 82, tape manis 31, dll. Toko penjual tape manis Bondowoso pada umumnya terkonsentrasi di Jalan Jendral Sudirman atau lebih dikenal daerah Pecinan.Jl jendral sudirman.

*id.wikipedia.org